KAKANG RAMA

Pemilik nama lengkap Rama Astra Bramastana(18 tahun) ini mewakili Kota Malang , Jawa Timur. Kakang Rama sekarang menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Malang Semester 2. Pemuda yang hobi Menyanyi, Menari, Mendengarkan Musik ini mempunyai motto hidup “Cobalah sebelum Berhasil, (Mencoba, Berusaha, Berhasil)”.

Kakang Rama menjelaskan tentang Kota Malang sebagai berikut :

-Kekayaan etnis dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang), namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger). Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur, yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi, sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuna, dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru. Etnik masyarakat Malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada malang.

Di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian “BANTENGAN” kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas masyarakat asli malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat malang namun baru sekaranglah “BANTENGAN” lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga luar daerah bahkan mancanegara. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran bantengan hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan.

Festival tahunan yang menjadi event ikon kota juga sering diadakan setiap tahunnya. Beberapa festival kota tahunan diantaranya adalah:

* Festival Malang Kembali: Diadakan untuk memperingati HUT Kota Malang, biasa digelar pada tanggal 21 Mei. Festival ini mengusung situasi kota pada masa lalu, mengubah jalan-jalan protokol kota menjadi museum hidup selama kurang lebih 1 minggu festival ini diadakan.
* Karnaval Bunga
* Karnaval Lampion: Biasa diadakan untuk merayakan hari raya imlek.

>>Taman Kota & Ruang Terbuka Hijau<<

* Tarekot (Taman Rekreasi Kota), terletak di belakang kantor Walikota/ Balai kota
* Alun-Alun Kota (depan Masjid Jami’ Kota Malang & Gedung Pemkab Malang)
* Alun-Alun Tugu (depan Balai Kota Malang)
* Hutan Kota Malabar

>> Museum & Perpustakaan<<

* Museum Brawijaya Malang
* Museum Bentoel
* Perpustakaan Kota Malang (Jalan Ijen)

>> Taman Rekreasi & Pasar Wisata<<

* Taman Rekreasi Senaputra
* Taman Wisata Tlogomas
* Pasar Minggu Semeru (Jalan Semeru)
* Pasar Minggu Vellodrome (lingkar luar arena Velodrome Sawojajar)
* Wisata Kuliner Pulosari
* Taman Kridha Budaya Jawa Timur

>>Sarana Olahraga<<

* Stadion Gajayana Malang
* GOR Ken Arok
* GOR Bima Sakti
* Arena Balap Vellodrome
* Araya Golf & Family Club
* Dieng Family Club
* Lembah Dieng swimming pool
* Futsal Champion, Futsal Arena, dll

>>>Kuliner Khas<<<
* Bakso Malang
* Cwie Mie / Pangsit Mie
* Nasi Madura (nasi bhuk)
* Rawon Khas Malang
* Kaldu Kambing Kacang ijo
* Soto Ayam
* Soto Kambing Tunggulwulung
* Tempe dan Kripik Tempe Sanan
* Tahu Sukun
* Kripik buah (kripik apel, nangka, dll.)
* Nasi pecel
* Rujak cingur
* Rujak Buah
* Sari Apel
* Jagung Bakar

>>Julukan<<

* Paris van East Java, karena kondisi alamnya yang indah, iklimnya yang sejuk dan kotanya yang bersih, bagaikan kota “Paris”-nya Jawa Timur.
* Kota Wisata, kondisi alam yang elok dan menawan, bersih, sejuk, tenang dan fasilitas wisata yang memadai merupakan ciri-ciri sebuah kota tempat berlibur.
* Kota Pendidikan Internasional, situasi kota yang tenang, penduduknya ramah, harga makanan yang relatif murah dan fasilitas pendidikan yang memadai sangat cocok untuk belajar/menempuh pendidikan. Sedikitnya ada lima universitas negeri yang berdiri di Malang: Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Kesehatan Malang dan puluhan atau mungkin ratusan PTS.
* Kota Militer, terpilih sebagai Kota Kesatrian. Di kota Malang ini didirikan tempat pelatihan militer, asrama dan mess perwira di sekitar lapangan Rampal, dan pada zaman Jepang dibangun lapangan terbang “Sundeng” di kawasan Perumnas sekarang, selain itu juga ada pabrik amunisi, senjata & kendaraan tempur, Pindad, di Turen, Kabupaten Malang .
* Kota Sejarah, sebagai kota yang menyimpan misteri embrio tumbuhnya kerajaan-kerajaan besar seperti Tumapel, Kanjuruhan, Singosari, Kediri (Dhoho), Mojopahit, Demak dan Mataram. Di kota Malang juga terukir awal kemerdekaan Republik bahkan kota Malang tercatat masuk nominasi akan dijadikan Ibukota Negara Republik Indonesia.
* Kota Bunga, cita-cita yang merebak di hati setiap warga kota senantiasa menyemarakkan sudut kota dan tiap jengkal tanah warga dengan warna-warni bunga.
* Kota Olahraga, Banyak lahir bibit-bibit olahragawan yang berasal dari malang, yang paling terkenal dengan olah raga sepak bolanya terbukti dengan berdirinya 2 team sepak bola seperti Persema dan Arema yang mempunyai prestasi cukup baik di tingkat regional dan nasional,di tambah lagi supporter yang sangat fanatik dan atraktif Ngalamania serta Aremania.
* Kota Apel, mempunyai produksi apel yang melimpah berpusat di wilayah Kota Batu dan Poncokusumo sehingga banyak di ekspor ke dalam dan luar negeri. Disana apel diolah menjadi bermacam-macam makanan maupun minuman, Contohnya Sari apel, Keripik Apel, Manisan dll.
* Kota Susu, mempunyai produksi susu skala nasional dan internasional yang produksinya terletak di wilayah Pujon Kabupaten Malang. Susu yang didapatkan berasal dari sapi luar negeri sehingga susu yang diperoleh mempunyai kualitas bagus.
* Kota Dingin, karena memiliki letak geografis yang dikelilingi pegunungan, a.l. Gunung Arjuno Welirang, Gunung Kawi-Panderman, Gunung Bromo-Semeru.
* Kota Pelajar, karena malang memiliki banyak universitas negeri ataupun swsta yang cukup terkenal sehingga banyak orang dari luar pulau yang pindah ke Malang untuk mencari pendidikan yang lebih baik dari kota lain.
* Kota Kuliner, Di malang banyak sekali jenis makanan khas yang menggugah selera banyak wisatwan.