Pemilihan Duta Wisata Indonesia Online Pageant Edisi Ketiga

KOTA BLITAR, JAWA TIMUR

Kangmas Firman

Kota Blitar - Kangmas Firman

Nama : Firman Wahyudi Kurnia Putra

Umur : 21 Tahun

Tempat/Tanggal Lahir : Gresik, 3 September 1989

Alamat(Saat Ini) : Jl. Masjid no. 17, Kel. Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur

Motto Hidup : My Experience is My Inspiration

Hobi : Saya mempunyai hobi membaca, mendengarkan musik, traveling, wisata kuliner dan menjelajah dunia maya.

Apa motivasi anda mengikuti kompetisi ini?

Motivasi saya untuk ikut dalam pemilihan ini karena saya ingin mempromosikan daerah saya walaupun hanya melalui dunia maya, karena menurut saya semua orang adalah duta pariwisata jadi saya mempunyai kewajiban untuk mempromosikan daerah saya.

Jelaskan tentang keistimewaan dari daerah anda(mulai dari sejarah, wisata, budaya, kuliner,dsb)?

Secara administratif Kota Blitar terletak sekitar 167 km sebelah selatan Kota Surabaya, kota ini hanya memiliki 3 kecamatan yaitu kecamatan Kepanjenkidul, Sukorejo, dan Sananwetan. Sengaja saya tidak jelaskan proses dimana Blitar menjadi sebuah kota, karena menurut saya teman-teman bisa mengaksesnya melalui internet, tapi saya akan menjelaskan mengenai Adipati Aryo Blitar yang saya yakin masih belum banyak yang mengetahui padahal karena beliau lah cikal bakal adanya Kota Blitar.
Blitar didirikan pada sekitar abad ke-15, Nilasuwarna atau Gusti Sudomo, anak dari Adipati Wilatika Tuban, adalah orang kepercayaan Kerajaan Majapahit, yang diyakini sebagai tokoh yang mbabat alas. Sesuai dengan sejarahnya, Blitar dahulu adalah hamparan hutan yang masih belum terjamah manusia. Nilasuwarna, ketika itu, mengemban tugas dari Majapahit untuk menumpas pasukan Tartar yang bersembunyi di dalam hutan selatan (Blitar dan sekitarnya). Sebab, bala tentara Tartar itu telah melakukan sejumlah pemberontakan yang dapat mengancam eksistensi Kerajaan Majapahit. Singkat cerita, Nilasuwarna pun telah berhasil menunaikan tugasnya dengan baik Bala pasukan Tartar yang bersembunyi di hutan selatan, dapat dikalahkan.
Sebagai imbalan atas jasa-jasanya, oleh Majapahit, Nilasuwarna diberikan hadiah untuk mengelola hutan selatan, yakni medan perang yang dipergunakannya melawan bala tentara Tartar yang telah berhasil dia taklukkan. Lebih daripada itu, Nilasuwarna kemudian juga dianugerahi gelar Adipati Ariyo Blitar I dengan daerah kekuasaan di hutan selatan. Kawasan hutan selatan inilah , yang dalam perjalanannya kemudian dinamakan oleh Adipati Ariyo Blitar I sebagai Balitar (Bali Tartar). Nama tersebut adalah sebagai tanda atau pangenget untuk mengenang keberhasilannya menaklukkan hutan tersebut. Sejak itu, Adipati Ariyo Blitar I mulai menjalankan kepemimpinan di bawah Kerajaan Majapahit dengan baik.
Tempat-tempat pariwisata :
1. Makam Bung Karno, yaitu makam presiden RI yang pertama
2. Perpustakaan dan Museum Bung Karno, perpustakaan ini merupakan perpustakaan kota yang memiliki banyak koleksi buku dan museumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah.
3. Istana Gebang atau disebut ndalem gebang merupakan tempat tinggal orang tua Bung Karno.
4. Petilasan Aryo Blitar, merupakan tempat pemakaman orang yang menemukan Blitar.
5. Monumen PETA, monumen ini dibangun untuk mengenang pembrontakan Tentara Peta yang dipimpin oleh Soepriyadi, dan setiap tanggal 14 februari selalu diperingati.
6. Kebon Rojo, terletak di belakang Rumah Dinas Walikota, taman ini sering dikunjungi untuk refresing masyarakat baik dari Kota Blitar maupun luar Kota Blitar.
7. Water Park Sumber Udel, sebenarnya tempat wisata ini sudah ada sejak lama, dahulu bernama pemandian Sumber Udel saja, tetapi setelah diperbaiki sehingga menjadi begitu bagus namanya pun diganti Waterpark Sumber Udel tentunya dengan fasilitas kolam yang berskala Olimpiade. Waterpark ini menjadi Icon baru Kota Blitar.
8. Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), di sini para wisatawan dapat memperoleh informasi pariwisata Kota Blitar, tempat ini juga sekaligus sebagai pusat perdagangan.
9. Kebun Binatang Mini, terletak persis di depan makam Bung Karno dan mempunyai koleksi hewan-hewan unik.
Yang saya ketahui tarian asli Blitar adalah Tari Emprak, selain itu juga ada tradisi Grebek Pancasila, acara Grebek ini untuk mengenang hari lahirnya pancasila dan rangkaian kegiatan Haul Bung Karno.
Wisata Kuliner yang umum dapat teman-teman akses melalui internet, saya akan menjelaskan tempat-tempat wisata kuliner berdasarkan pengalaman saya dan belum pernah di publish di media, dan menurut saya menarik untuk diangkat.
Makanan Khas dan Produk Unggulan : Wajik Klethik, Sambel Pecel, Blimbing, Gula Merah.
Belum banyak yang mengetahui bahwa Bung Karno menyukai makanan yang bernama Pecel Punten dan Es Pleret, jika teman-teman berkunjung di Kota Blitar bisa dibeli disekitar Aloon-Aloon Kota.
Tempat-tempat wisata kuliner berdasarkan pengalaman saya:
1. Nasi Pecel Mbok Sani, nasi pecel mbok sani sangat enak dan berbeda karena disajikan dengan “pincuk” atau daun pisang dan dapat menambah selera makan, ditambah lagi tempatnya yang di desa sehingga sangat tradisonal, jika teman-teman ingin membeli nasi pecel ini teman-teman harus antri mulai jam 05.30 wib karena sangat banyak pembelinya, ditambah lagi penjualnya yang sudah tua.
2. Bakso, banyak pilihan bakso yang dijual di Kota Blitar, antara lain yang pernah saya coba Bakso Seruni, Bakso Kawi, Bakso Mantap Jaya, Bakso Gong, Bakso Rejeki, Bakso di sekitar Ploso Kerep, Bakso Balungan.
3. Di daerah kelurahan saya banyak orang berjualan dan selalu rame, diantaranya Rujak Mbak Kar, Soto Daging Lawu, Tahu Bumbu, Bakmie Lawu, Sate Pak Alim, STMJ, dan saya sudah mencoba semuanya.
4. Mie Ayam Mastrip Putra Solo, terletak di Jalan Mastrip.
5. Cilot, terbuat dari daging dan campuran tepung kanji, cilot yang paling enak adalah cilot salome dan cilot SMA 1.

Dukung Kangmas Firman menjadi Duta Favorit dan Duta Photogenic di Pemilihan Duta Wisata Indonesia Online Pageant Edisi Ketiga. Caranya masuk di link berikut dan anda akan masuk di Facebook Page kami The Aser World. Kemudian klik like pada halamannya, kemudian cari postingan tentang ini dan like untuk menjadikan sebagai Duta Favorit. Sedangkan untuk Duta Photogenic pada halaman facebook page The Aser World akan diposting juga foto Kangmas Firman. Klik like pada fotonya. Semakin banyak like semakin besar kesempatan Kangmas Firman menjadi Duta Favorit di Pemilihan Duta Wisata Indonesia Online Pageant Edisi Ketiga.